Berbagai Manfaat Vitamin B Complex Bagi Tubuh

 
Vitamin B complex merupakan sebuah kelompok vitamin yang memiliki peranan penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia pada setiap harinya. Vitamin ini sebenarnya adalah suatu vitamin yang dibentuk oleh beberapa zat yang berbeda. Zat yang berbeda inilah yang mempunyai kegunaannya masing-masing. Fungsi vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam memproses metabolisme, mengubah makanan yang biasanya kita makan menjadi energi, dan memproduksi sel darah merah pada tubuh. Selain itu fungsi vitamin B complex ini dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf pusat, memproduksi DNA, membantu pertumbuhan tubuh serta dapat meningkatkan kesehatan kulit.  

Vitamin B1 merupakan salah satu bagian dari vitamin B yang dikenal dengan nama tiamin. Vitamin ini bisa ditemukan dan didapatkan pada gandum, ragi, daging, dan kacang-kacangan. Jika anda kurang dalam mengkonsumsi vitamin ini, bisa menyebabkan berisiko terkena penyakit beri-beri. Gejala yang ditimbulkan ketika anda kekurangan vitamin ini ialah mati rasa pada tangan dan kaki, kesulitan berjalan, gagal jantung, hingga kelumpuhan. 

Vitamin B2 atau yang biasanya disebut dengan riboflavin. Vitamin digunakan menjaga kesehatan kulit, sel darah, saluran cerna. Selain itu, vitamin ini berfungsi meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi jerawat, dan mengatasi nyeri otot. Vitamin bisa ditemui pada sayur, kacang-kacangan, daging, dll. takaran harian yang dianjurkan ialaha 1,3 mg untuk laki-laki dan 1,1 mg untuk perempuan. 

Kemudian Vitamin ini memiliki nama lain niasin yang berfungsi untuk memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Vitamin ini mudah ditemukan pada ikan, daging, kacang-kacangan, dan susu. Bila seseorang kekurangan vitamin ini maka akan berisiko mengalami pellagra. Gejala umum kekurangan vitamin B3 ialah diare, gangguan fisik dan mental, serta peradangan pada membrane mukosa. Takaran asupan yang dianjurkan ialah sebanyak 14 mg untuk perempuan dan 16 mg untuk laki-laki.

Vitamin B5 atau yang biasanya disebut asam pantotenat ini berfungsi unruk memecahkan karbohidrat dan lemak pada tubuh menjadi energi. Selain itu, vitamin ini berperan dalam pembentukan hormon pertumbuhan. Vitamin ini bisa didapatkan pada gandum, kentang, susu, hati, brokoli, dll. 

Vitamin B6 atau piridoksin ini berfungsi untuk membantu metabolisme asam amino dan membentuk sel darah merah. Vitamin ini bisa dijumpai pada ikan, daging ayam, kentang, dll. anjuran vitamin ini ialah 1,3 mg baik laki-laki maupun perempuan per hari. Selanjutnya vitamin B12 dapat menjaga kesehatan sel saraf dan ikut membantu dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin ini dengan mudah didapatkan dalam susu, ikan, daging, dan hati. anjuran dalam mengkonsumsi vitamin ini ialah 2,4 mcg per hari baik laki-laki maupun perempuan dewasa. 

Vitamin B9 atau sering dipanggil dengan asam folat ini berperan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, asam folat merupakan zat yang penting dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil karena membantu dalam pembentukan otak dan sistem saraf pada janin. Anda bisa mendapatkannya pada sayuran hijau, jeruk, gandung, dan kacang-kacangan. Asupan harian yang dianjurkan ialah 400 mcg untuk laki-laki dan perempuan dewasa, sedangkan 600 mcg untuk ibu meyusui.

Bagi anda yang menginginkan informasi lebih terkait berbagai macam vitamin yang ada, anda bisa berkunjung di salah satu situs yakni pyfahealth.com. Di sana akan anda temui berbagai macam jenis vitamin selain itu Anda juga bisa mengetahui apa saja manfaatnya. Tak hanya itu, di Pyfa Health tersebut pun terdapat keterangan atau pengenalan obat-obatan juga yang sangat berguna untuk Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard